logo-light-goodworks
logo-light-goodworks

Tren Terbaru dalam Industri Event Organizer

Tren Terbaru dalam Industri Event Organizer

Pada era digital yang serba canggih ini, sudah banyak inovasi yang dilakukan dalam manajemen event untuk menciptakan pengalaman yang unik bagi para peserta. Salah satu elemen yang terus melakukan perubahan yaitu dalam penggunaan teknologi di berbagai acara. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, kita sebagai pelaku dan penikmat acara akan diberikan kemudahan serta kesan yang mendalam saat menghadiri sebuah event.

Selain melakukan perubahan dalam segi penggunaan teknologi, transformasi event juga dilakukan dari strategi pemasaran dan perencanaan acara. Kembali lagi, hal ini ditujukan untuk memberikan kesan event yang berbeda dan pengalaman tak terlupakan bagi para peserta saat mengunjungi event.

Tren Industri Event Organizer

Dalam artikel ini kita akan mengetahui lebih lanjut apa saja yang menjadi tren terbaru dalam industri event organizer saat ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

1. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Kemajuan teknologi yang terus berkembang membawa perubahan yang positif bagi industri event organizer, salah satunya dengan hadirnya Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Dengan menggunakan VR dan AR dalam acara, para peserta dapat merasakan hal yang berbeda yang tidak pernah dialami sebelumnya.

Virtual Reality (VR) adalah sebuah teknologi untuk menciptakan lingkungan virtual yang sangat imersif dan menghilangkan batas antara dunia nyata dan dunia virtual. Sementara Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna di dunia nyata dengan menambahkan informasi digital di atas dunia nyata.

Simpelnya, dengan kedua teknologi ini peserta dapat mengambil tur virtual di ruang pameran, menghadiri sesi dengan avatar, atau mengikuti demonstrasi produk secara virtual, dan sebagainya.

2. Aplikasi dan Platform Acara

Berbagai penggunaan teknologi terbaru pada gelaran event memang akan memudahkan baik dari peserta maupun penyelenggara acara. Dengan aplikasi dan platform acara, memungkinkan para peserta untuk dapat mengakses informasi terbaru mengenai event tersebut, jadwal acara, serta dapat berinteraksi dengan sesama peserta.

Selain itu, teknologi ini juga dapat memfasilitasi pendaftaran online dengan mudah dan murah, pembayaran, pengiriman tiket elektronik, dan tentunya akan mengurangi beban administratif bagi pihak penyelenggara acara dan peserta.

3. Streaming dan Interaksi Online

Saat ini penyelenggaraan acara tidak lagi terbatas pada peserta yang hadir secara fisik. Adanya teknologi streaming dan interaksi online akan sangat memungkinkan para peserta untuk hadir secara virtual dengan jarak jauh dari tempat diselenggarakannya acara. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi pihak penyelenggara acara karena bisa memperluas jangkauan serta dampak dari acara tersebut.

Selain itu, fitur interaksi online sesama peserta seperti obrolan langsung atau polling online juga memungkinakn para peserta virtual bisa ikut diskusi dan ikut andil dalam pemungutan suara selama acara berlangsung.

4. Membangun Brand Awareness melalui Media Sosial

Strategi pemasaran event di era digital ini sebenarnya cukup mudah karena terdapat media sosial yang bisa dijadikan tools untuk meningkatkan brand awareness event dan meningkatkan kehadiran peserta dalam event tersebut. Sosial media ini memiliki peranan yang penting untuk marketing event, karena sangat mudah dan murah serta sudah menjadi kebutuhan untuk digunakan oleh masyarakat.

Salah satu manfaat yang bisa digunakan sosial media untuk meningkatkan pengetahuan event yaitu akan tertuju kepada audiens yang kita cari dalam mempromosikan event. Sebagai bentuknya, anda bisa membuat konten-konten menarik dalam sosial media untuk memicu minat dan keterlibatan audiens, atau mengadakan giveaway di media sosial untuk meningkatkan partisipasi para peserta.

5. Memberikan Ruang Kolaboratif

Penyelenggaraan event ini bukan hanya tentang konsep dan ide dari event yang ditujukan kepada peserta, namun juga harus memberikan ruang bagi peserta untuk berjejaring dan berkolaborasi dengan peserta lainnya. Tren saat ini dalam menciptakan event yaitu memberikan ruang khusus untuk jaringan, ide, dan kolaborasi seperti lokakarya interaktif.

Dengan adanya ruang kolaboratif akan memberikan dampak yang baik bagi event tersebut dan juga peserta dengan membina hubungan yang bermakna. Para peserta akan saling membagikan pengetahuan untuk mewujudkan event lain yang lebih kreatif.

Baca JugaIstilah Gaul Yang Wajib Diketahui Anak K-Popers , Mengenal Apa Itu Event Organizer

Share:

More Posts

Send Us A Message