logo-light-goodworks
logo-light-goodworks

Ketahui Strategi Pemasaran Event Dengan Taktik Campaign Viral!

Ketahui Strategi Pemasaran Event Dengan Taktik Campaign Viral!

Hallo guys! Tanpa kita sadari bahwa saat ini strategi pemasaran event telah mengalami perubahan yang begitu signifikan. Salah satu pendekatan yang sangat efektif dan dilakukan oleh beberapa brand besar yaitu dengan melakukan kampanye viral. Kampanye viral ini memanfaatkan kekuatan konektivitas online dan daya sebar yang luas untuk menciptakan dampak yang begitu besar dalam waktu yang singkat.

Untuk dapat membuat taktik kampanye viral yang efektif ini harus dilakukan dengan perlahan. Jika diibaratkan, membuat suatu digital campaign yang viral seperti saat merayu seseorang pada pandangan pertama. Disaat membuat first impression yang menawan dan dapat mencuri perhatian, nantinya akan membuat penasaran sehingga kamu bisa mendapatkan hatinya lebih dalam lagi.

Tentu hasil yang didapatkan akan berbeda jika kita memiliki first impression yang biasa-biasa saja. Tidak ada kesan yang membekas sehingga kamu mudah dilupakan begitu saja.

Nah, itulah kurang lebih taktik yang harus dilakukan dalam digital campaign khususnya campaign viral. Berhasil atau gagalnya campaign yang kamu lakukan, bisa ditentukan hanya pada bagian awal campaign tersebut. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa unsur yang harus ada dalam strategi pemasaran event dengan taktik campaign viral. Tujuannya tidak lain agar event yang kamu selenggarakan bisa viral dan ditonton oleh puluhan hingga ratusan ribu orang. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

  1.  Ide Konten Menarik dan Interaktif

Taktik pertama yang harus dilakukan untuk dapat membuat campaign digital virial yaitu dengan mencari ide yang menarik. Tujuannya agar audiens penasaran dan seolah-olah berkata, “Wah, event apa ini?!”

Oleh karena itu, ide konten menarik dan interaktif harus konsisten dibuat agar terus bisa menarik perhatian para audiens. Namun, membuat ide konten menarik ini bukan perkara yang mudah. Kamu harus me-riset apa yang sedang dicari oleh kebanyakan audiens sehingga dapat on point dengan ide konten yang kamu buat.

Kata kunci lain dalam membuat ide konten menarik yaitu dengan membuat konten yang berbeda dengan yang lain. Ketika sebuah event bisa membuat something yang berbeda dari event-event lainnya, maka potensi campaign kamu viral sangat tinggi.

  1.  Kenali Siapa Audiens Event

Selain membuat ide konten menarik dan interaktif, salah satu unsur lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan dalam membuat campaign viral yaitu dengan mengenali siapa audiens dari event yang kita selenggarakan. Tujuannya yaitu agar campaign kita bisa tepat sasaran.

Untuk dapat mengenali semua audiens dari event, kamu harus dapat mendefinisikan dengan jelas seperti event tersebut akan dilaksanakan serta apa saja target konsumennya. Tipsnya yaitu kamu bisa membuat ‘persona audiens’ untuk mempermudah memahami karakteristik serta perilaku mereka.

  1.  Mengikuti Trend

Tips ketiga untuk dapat melakukan taktik campaign viral untuk sebuah event yaitu dengan terus mengikuti trend. Yang dimaksud mengikuti trend adalah kamu harus bisa melihat dengan cepat peluang apa saja yang bisa terjadi dalam waktu yang dekat. Di situlah kamu bisa mengikuti trend tersebut dan disesuaikan dengan event identity kamu. 

Dalam era sosial media, ketika kita berbicara digital itu merupakan tentang trend yang sangat cepat. Oleh karena itu, untuk para penyelenggara acara harus bisa dapat memanfaatkan trend yang sedang berlangsung dan menjadikannya bahan campaign yang original untuk mempromosikan event.

  1.  Gunakan Semua Platform Digital

Terakhir, untuk melakukan taktik campaign viral yaitu dengan memanfaatkan semua platform digital. Beberapa platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook, X, bahkan Linked In akan membantu untuk membangun awareness di kalangan audiens. 

Perhatikan konten-konten yang kamu share di platform digital tersebut. Analisis kenaikan engagement dari setiap konten, jika dirasa kurang berhasil lakukan evaluasi untuk konten-konten selanjutnya. Jangan terlalu sering membuat postingan, karena audiens akan merasa terganggu dan menganggap bahwa konten yang kamu share adalah spam.

Baca JugaWhat to Consider in Event PlanningMengenal Apa Itu Event Organizer

Share:

More Posts

Send Us A Message