Hallo guys! Hidup di era yang berdampingan dengan teknologi membuat kita cukup bergantung dengan digitalisasi. Salah satu hal yang sering kita butuhkan yaitu dalam memasarkan sebuah produk agar lebih bisa diminati oleh calon audiens potensial dan dapat menjangkau lebih banyak audiens.
Pemasaran event menggunakan platform digital sudah menjadi salah satu strategi efektif yang digunakan oleh event organizer untuk memperkenalkan acaranya. Platform digital disinyalir menjadi alat pemasaran favorit di era digital untuk menjangkau audiens lebih luas serta meningkatkan partisipasi peserta ke dalam event tersebut.
Dengan adanya berbagai platform digital seperti media sosial, situs web, serta aplikasi khusus event, pihak penyelenggara acara diberi akses lebih besar untuk dapat memasarkan event mereka dan meraih target pasar dengan efektif.
Kini, pihak penyelenggara acara tidak lagi hanya mengandalkan metode pemasaran tradisional untuk mempromosikan sebuah event. Mereka bisa mendapatkan lebih banyak partisipan hanya dalam satu genggaman saja.
Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai pentingnya platform digital dalam strategi pemasaran event sebagai salah satu langkah besar menuju kesuksesan acara. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!
Pemilihan Platform Digital yang Tepat
Pemilihan platform menjadi langkah awal krusial dalam strategi pemasaran event. Pasalnya, dengan memilih platform digital yang sesuai dengan karakteristik acara akan membuka peluang untuk menghadirkan audiens lebih dari target yang ingin dicapai.
Platform digital menawarkan jangkauan yang tak tertandingi dan memungkinkan pihak penyelenggara acara untuk terkoneksi langsung dengan para audiens secara global. Beberapa platform digital yang umum digunakan untuk pemasaran event diantaranya:
- Media Sosial
Beberapa platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook, X, dan LinkedIn bisa dimanfaatkan untuk memberikan informasi seputar acara, berinteraksi langsung dengan calon audiens, dan mengadakan kuis atau giveaway untuk membuat mereka lebih tertarik.
- Situs Web
Membuat sebuah situs web acara yang informatif dan menarik bisa membantu untuk mengenalkan acara secara detail kepada calon peserta. Situs web event bisa menjadi media informasi terpercaya dari sekian banyaknya informasi yang beredar di calon audiens.
Email digunakan untuk mengirimkan undangan acara kepada daftar kontak yang relevan sehingga menjadi salah satu cara to the point untuk meningkatkan partisipasi acara.
Konten Berkualitas
Salah satu tips untuk dapat menarik perhatian audiens yaitu dengan memproduksi konten-konten berkualitas. Tidak hanya konten berkualitas, dalam penyebarannya pun harus diunggah di platform digital yang sesuai.
TikTok dan Instagram menjadi salah satu platform digital unggulan dalam memperkenalkan event. Dengan konten berkualitas diharapkan bisa meningkatkan keinginan para audiens untuk dapat terlibat di event tersebut.
Beberapa jenis konten yang bisa digunakan dalam strategi pemasaran event melalui platform digital meliputi:
- Video Promosi
Dalam memasarkan sebuah event, tentunya membutuhkan konten video promosi yang kreatif dan berkualitas. Video yang diproduksi bisa dibuat secara singkat yang menampilkan gambaran secara keseluruhan event.
- Artikel Blog
Artikel pun menjadi salah satu alat yang efektif untuk memasarkan sebuah event. Tulis artikel yang relevan dengan topik yang akan dibahas di dalam acara sehingga bisa meningkatkan otoritas acara.
Pemasaran Berbayar
Selain memproduksi konten-konten yang sifatnya organik, pihak penyelenggara acara juga harus menggunakan konten pemasaran berbayar. Konten pemasaran berbayar menjadi strategi efektif untuk menargetkan audiens lebih spesifik.
Saat ini ada beberapa platform digital yang menyediakan konten pemasaran berbayar, beberapa diantaranya:
- Iklan Sosial Media
Salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh Gen Z dan Milenial yaitu TikTok dan Instagram menyediakan layanan ads. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pihak penyelenggara acara untuk memperkenalkan acara kepada audiens yang relevan.
Keunggulan iklan di sosial media yaitu bisa menargetkan audiens spesifik baik secara geografis dan demografis. Keunggulan ini tentunya akan menguntungkan penyelenggara acara agar dapat menjangkau pesertanya.
- Google Ads
Hampir sama dengan iklan di sosial media, Google Ads pun bisa menjadi senjata dalam pemasaran digital untuk menargetkan para pencari topik yang relevan dengan acara atau kata kunci yang sedang pengguna cari.
Baca Juga: What to Consider in Event Planning, Mengenal Apa Itu Event Organizer