Hallo guys! Terdapat banyak cara dalam menerapkan strategi pemasaran event. Salah satu yang paling efektif yaitu dengan menyelenggarakan acara product launch. Dalam pelaksanaannya, event product launching harus dirancang berbeda dengan para pesaing bisnismu. Konsep dan tema acara perlu menarik minat calon konsumen, menciptakan buzz di sekitar produk baru anda, sehingga produk-produk yang diluncurkan menghasilkan minat dari calon pelanggan dan terjual dengan sendirinya.
Bagi anda yang akan menyelenggarakan event product launching, saat ini ada banyak opsi yang bisa dilakukan, diantaranya event secara langsung, hybrid, atau virtual. Akan tetapi bagaimana cara anda memilih jenis event product launching akan meninggalkan kesan masing-masing bagi audiens.
Dalam artikel ini anda akan mengetahui informasi mengenai apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum menggelar acara launching product. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!
Buat Perencanaan yang Matang
Pada saat menyelenggarakan berbagai event, dengan perencanaan yang matang akan menghasilkan event yang sukses. Rencana perencanaan bisa dipetakan dengan rinci serta jelas untuk membantu anda tetap berada di tujuan yang telah ditetapkan.
Dalam hal ini, anda membutuhkan orang-orang yang tepat serta kompeten. Keberhasilan acara product launching tidak hanya ada di tangan manajer saja, melainkan melibatkan semua tim dimulai dari tim marketing, produksi, sales, dan tim lainya sehingga menciptakan event yang diinginkan.
Tahap perencanaan ini penting untuk diperhatikan, sebab akan menentukan dampak yang terjadi setelah event ini berlangsung. Sebagai contoh, apakah event product launching ini bisa meningkatkan omzet dan brand awareness? Matriks yang digunakan untuk mengukur kesuksesan apa saja? Dan strategi apa yang akan dilakukan jika mengalami kegagalan dalam mencapai tujuan?
Beberapa jawaban dari pertanyaan tersebut bisa digabungkan untuk dijadikan peta perencanaan yang matang. Lalu lakukan pemantauan pada saat event ini berlangsung.
Lakukan Riset Pasar
Sebelum meluncurkan produk baru, dalam acara apapun penting untuk perusahaan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal ini akan mempelajari tentang tren acara product launching terbaru, melihat kelebihan dan kelemahan dari kompetitor, dan mengidentifikasi produk atau layanan yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat.
Semakin banyak poin plus dari produk dan acaranya, maka akan semakin besar kemungkinan untuk unggul dari para pesaing di pasar.
Identifikasi Calon Pelanggan
Strategi selanjutnya yaitu dengan cara mengetahui calon pelanggan yang tepat untuk produk anda. Pada proses pengidentifikasian, anda bisa mengetahui demografi yang menjadi target potensial. Lalu anda juga bisa menambahkan aspek perilaku dari para calon pelanggan. Dengan begitu, anda dapat menyusun strategi event product launching dengan tepat dan akurat.
Meskipun langkah ini cukup merepotkan karena harus meriset pasar dan menentukan calon pelanggan, tapi dengan strategi acara product launching yang telah persiapkan dapat berjalan dengan sempurna.
Tentukan Tujuan Bisnis
Dengan menentukan tujuan capaian akhir dan menetapkan tolok ukur bisnis, akan berguna untuk mengukur performa pencapaian dari acara product launching tersebut. Beberapa contohnya meliputi engagement media sosial (followers baru, komentar pembaca, postingan yang dibagikan), traffic website, serta anggaran dari event product launching.
Dalam hal ini anda harus selalu memantaunya dan melakukan evaluasi. Jika dirasa ada matriks yang tidak maksimal atau jauh dari target, maka anda bisa langsung mengubah strategi pemasaran produk dengan rencana-rencana lainya yang telah disiapkan.
Baca Juga: What to Consider in Event Planning, Mengenal Apa Itu Event Organizer