logo-light-goodworks
logo-light-goodworks

5 Alasan Mengapa Industri Kecantikan Ingin Bekerja Sama Dalam Dunia Event

5 Alasan Mengapa Industri Kecantikan Ingin Bekerja Sama Dalam Dunia Event

Hallo guys! Industri event dan industri kecantikan sekilas tampak seperti dua industri berbeda dan tidak ada kesinambungan antara keduanya. Akan tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kedua industri telah bersatu untuk menciptakan kolaborasi yang kuat dan menguntungkan kedua industri tersebut.

Banyak brand-brand kecantikan atau lebih dikenal dengan skincare yang beralih ke dunia event untuk mempromosikan produk-produk mereka. Di dalam event tersebut, mereka bisa berinteraksi langsung dengan para konsumen. Sementara penyelenggara acara akan memanfaatkan brand skincare tersebut untuk meningkatkan pengalaman para audiens dan menciptakan sebuah event yang berkesan.

Industri Kecantikan Menjadi Sektor yang Populer

Dilansir dari bbc.com, industri kecantikan mengalami peningkatan sejak tahun 2018. Pada saat itu, nilai pasarnya mencapai £13,5 miliar atau Rp243 triliun. Hal tersebut mengalami peningkatan hampir 17% dalam lima tahun terakhir. Popularitas media sosial dengan influencernya begitu sangat berpengaruh dalam industri kecantikan.

Selebritas internet memberikan konten-konten cara memakai make-up yang benar di jaringan media sosial, termasuk video di Instagram, TikTok, dan juga Youtube. Mereka memperlihatkan penggunaan make-up dengan menciptakan gaya-gaya tertentu.

Semakin populernya industri hiburan Korea juga sangat mempengaruhi meningkatkanya keinginan wanita terhadap skincare dan make-up. Mereka menciptakan Korean Beauty atau K-Beauty untuk mempromosikan kulit bersih dan berseri sehingga memicu para pengusaha di bidang industri kecantikan dalam menciptakan produk-produk unggulannya.

Kolaborasi Industri Kecantikan Dengan Industri Event

Pasca pandemi Covid-19, industri event terus mengalami pertumbuhan seiring dengan banyaknya penyelenggaraan acara yang dilakukan oleh organisasi, perusahaan, maupun pemerintah. Hal ini mengundang banyak brand dalam industri-industri tertentu untuk tertarik bekerja sama dengan dunia event, tidak terkecuali dengan brand kecantikan.

Menurut Bizzabo, firma riset dan konsultasi global, Verified Market Research memproyeksikan bahwa industri acara global akan mencapai pendapatan USD 2,2 triliun pada tahun 2028. Angka ini jauh lebih tinggi daripada pendapatan tahun 2020 sekitar USD 887 miliar. Maka tidak heran jika banyak brand kecantikan (skin care dan make-up) ingin bekerja sama dengan event organizer dalam menggelar sebuah acara.

5 Alasan Industri Kecantikan Bekerja Masuk Ke Dunia Event

1. Brand Exposure

Perusahaan kecantikan semakin menyadari pentingnya brand exposure di pasar yang ramai. Adanya penyelenggaraan event menawarkan platform yang unik bagi brand kecantikan untuk memamerkan produk mereka kepada audiens yang sangat tertarget. Dengan cara bekerja sama dan mendukung gelaran event, brand kecantikan akan mendapatkan eksposur nama brand, meningkatkan ingatan brand terhadap para konsumen, dan membuat perbedaan diri dari para pesaingnya.

2. Mempromosikan Produk Baru

Dalam industri kecantikan yang semakin kompetitif, produk-produk terbaru dengan keunggulan-keunggulan tertentu terus diluncurkan. Penyelenggaraan event memberikan kesempatan bagi brand kecantikan untuk memamerkan dan mempromosikan produk baru kepada target konsumen mereka.

Bekerja sama dalam industri event juga memberikan kesempatan bagi brand kecantikan baik skin care maupun make-up untuk melakukan demonstrasi produk, menawarkan sampel, dan memberikan penawaran eksklusif kepada konsumen, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk.

3. Berinteraksi Langsung Dengan Konsumen

Penyelenggaraan acara memberikan peluang bagi brand kecantikan untuk bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Dengan cara ini, mereka akan mendapatkan masukan langsung mengenai produk serta layanan yang disediakan oleh brand.

Brand kecantikan bisa secara langsung melakukan survey dan sesi interaktif untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan dan preferensi para konsumen. Feedback ini sangat berarti untuk dapat meningkatkan pelayanan produk serta mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar.

4. Meningkatkan Kredibilitas Brand

Manfaat dari kerja sama antara industri kecantikan dengan dunia event juga bisa meningkatkan kredibilitas dari brand kecantikan itu sendiri. Ketika brand kecantikan menjadi bagian dari acara-acara besar dan bergengsi, hal ini akan diakui oleh para pesaingnya untuk mencerminkan bahwa produk mereka diakui dan dihargai dalam industri kecantikan.

Hal ini tentu akan sangat membantu untuk membangun kepercayaan para konsumen terhadap brand kecantikan, karena mereka akan melihat bahwa brand tersebut dipercaya oleh semua orang.

5. Menciptakan Hubungan yang Berkelanjutan

Selain meningkatkan kredibilitas brand, kerja sama dengan dunia event juga dapat membantu untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan dengan para konsumen. Karena di dalam penyelenggaraan event tersebut, brand dapat terus berinteraksi dengan konsumen, mengumpulkan feedback, serta memahami keinginan dan kebutuhan mereka. Hal ini dimanfaatkan untuk membantu brand dalam melakukan inovasi dengan menyesuaikan produk mereka yang sesuai dengan permintaan konsumen.

Baca JugaIstilah Gaul Yang Wajib Diketahui Anak K-Popers , Mengenal Apa Itu Event Organizer

Share:

More Posts

Send Us A Message