logo-light-goodworks
logo-light-goodworks

Sebenarnya Apa Yang Dibutuhkan Brand Besar Dalam Memberikan Sponsor Terhadap Sebuah Event?

Sebenarnya Apa Yang Dibutuhkan Brand Besar Dalam Memberikan Sponsor Terhadap Sebuah Event?

Hallo guys! Di dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, brand-brand besar seringkali mencari cara untuk dapat memperluas jangkauan mereka serta membangun hubungan yang kuat dengan para konsumen. Salah satu strategi yang semakin populer untuk dilakukan brand-brand besar ini yaitu bekerja sama dengan event dengan memberikan sponsor.

Pertumbuhan industri event yang semakin melesat pasca pandemi Covid-19 membuat para pebisnis ingin ikut andil dalam mempromosikan merek dagangnya. Strategi ini dinilai sangat efektif, karena bisa mencapai target sesuai dengan sasaran perusahaan. Beberapa event yang populer dan banyak dikunjungi oleh masyarakat saat ini diantaranya acara konser musik, olahraga, pameran, hingga festival.

Dampak positif dari terjalinnya kerja sama antara event dan brand juga tentu dirasakan oleh pihak penyelenggara acara. Mereka bisa merasakan berbagai keuntungannya, diantaranya yaitu dukungan secara finansial dan dukungan promosi untuk menciptakan event yang sukses dan berkesan.

Lantas, benefit apa lagi yang dibutuhkan oleh brand besar dalam memberikan dukungan sponsor terhadap sebuah event? Mari kita lihat penjelasan lebih dalam mengenai alasan brand-brand besar mensponsori sebuah event dan apa saja manfaat yang akan mereka terima. Simak informasinya lebih lanjut di bawah ini ya!

  • Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu alasan utama mengapa brand besar ingin mensponsori atau memberikana sponsor pada sebuah event yaitu untuk meningkatkan eksposur dari brand tersebut. Dari pandangan sebuah brand, acara menawarkan platform yang unik untuk bisa menampilkan nama dan logo brand mereka di depan khalayak luas. Peluang sponsorship seperti stan brand, tulisan nama brand dan logo, dan materi promosi yang langsung ditangkap oleh khayalak banyak akan memberikan visibilitas dan kesadaran yang tinggi terhadap sebuah brand, sehingga dapat meningkatkan jangkauan dan ingatan para audiens yang hadir di event tersebut.

Selain itu, di sebuah event seringkali bisa menarik perhatian media lokal atau luar yang memungkinkan brand untuk mengekspos diri mereka dihadapan audiens yang lebih luas lagi. Apalagi event tahunan dengan skala besar, sudah pasti media massa akan meliput event tersebut sehingga pihak brand bisa memanfaatkan momen tersebut.

  • Menjangkau Target Audience yang Tepat

Sebuah brand yang mensponsori atau memberikan sponsor event yang selaras dengan target audiens mereka tentu akan meningkatkan relevansi brand dan terhubung langsung dengan calon pelanggan. Dengan adanya sponsorship di sebuah event, brand untuk mempromosikan produk atau layanan mereka secara langsung kepada peserta yang tertarik dengan berbagai penawaran yang dilakukan. Dengan begitu, brand bisa mendapatkan keuntungan untuk meningkatkan prospek yang berubah menjadi pelanggan.

Sebagai contoh, brand fashion ingin berpartisipasi dalam event fashion show untuk mencapai konsumen yang tertarik pada industri fashion. Dengan berfokus pada event-event yang relevan dengan target audiens mereka, brand dapat memastikan bahwa upaya promosi mereka di sebuah event akan benar-benar menarik orang yang sesuai dengan target audiens brand.

  • Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan

Ketika sebuah brand besar terlibat dalam event yang populer dan banyak dikunjungi oleh audiens, hal ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan para konsumen terhadap brand tersebut. Sebuah asosiasi positif dari event yang berkualitas tinggi dan dibantu oleh sebuah brand untuk membangun reputasi yang lebih baik di mata para konsumen.

Namun sebaliknya, jika kerja sama tersebut bermasalah atau kontroversial, maka dapat merusak citra brand yang sudah dibangun sejak awal. Maka dari itu, pemilihan event yang tepat untuk kerja sama sponsorship ini sangat penting.

  • Membangun Hubungan yang Baik dengan Konsumen

Sebuah penyelenggaraan event menyediakan platorm yang bagus untuk membangun hubungan yang lebih baik lagi antara brand dan para konsumen. Di dalam event tersebut akan terjadi interaksi langsung dengan konsumen dan dapat membantu brand memahami kebutuhan serta preferensi konsumen dengan lebih baik lagi.

Selain itu, brand bisa memanfaatkan event untuk mengumpulkan feedback dan data yang tepat sasaran untuk digunakan sebagai perbaikan produk atau strategi promosi di masa yang akan datang.

  • Menigkatkan Penjualan

Terlibatnya brand di sebuah event dalam memberikan sponsor juga bisa memberikan dorongan langsung terhadap penjualan mereka. Dengan promosi produk atau layanan yang baik kepada audiens, brand akan menghasilkan prospek, menjalin kesepakatan, dan membangun hubungan jangka panjang bagi konsumen yang potensial.

Brand juga bisa mengarahkan pembelian ke toko fisik atau toko online sehingga bisa menghasilkan peningkatan penjualan serta pendapatan.

Baca JugaIstilah Gaul Yang Wajib Diketahui Anak K-Popers , Mengenal Apa Itu Event Organizer

Share:

More Posts

Send Us A Message