Tips Memilih Event Organizer yang Tepat Agar Bisa Berjalan Sukses

Tips Memilih Event Organizer

Hallo guys! DKI Jakarta merupakan ibu kota Republik Indonesia sekaligus juga menjadi pusat kegiatan pemerintahan dan perekonomian. Maka tidak heran jika banyak acara-acara yang diselenggarakan di Jakarta. Dalam merencanakan sebuah event tentu membutuhkan banyak persiapan dan perencanaan yang tidak sedikit. Di sinilah kebanyakan orang membutuhkan jasa dari event organizer.

Dalam memilih event organizer di Jakarta ini bisa dibilang ‘gampang-gampang susah’. Event organizer di Jakarta tersebar di seluruh penjuru kota. Maka logikanya kita hanya memilih event organizer mana yang terbaik. Namun dalam pemilihan event organizer membutuhkan banyak riset mengenai track record-nya, pengalamannya, hingga berbagai testimoni dari yang sudah menggunakan jasanya.

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang event organizer di Jakarta, sebaiknya kita mengetahui dulu pengertian dari event organizer. Simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian Event Organizer

Event organizer atau yang lebih dikenal dengan EO adalah penyelenggara yang bertanggung jawab dalam merencanakan, mengelola, dan mengatur sebuah acara agar bisa berjalan efektif serta efisien. Cara kerja event organizer adalah dengan menyewakan jasa untuk menyelenggarakan acara kepada perusahaan, lembaga, atau perorangan yang membutuhkan jasanya.

Event organizer akan membantu pihak penyelenggara untuk memfasilitasi keberlangsungan acara, baik acara dengan skala kecil, menengah, ataupun besar.

Berdasarkan pasar, event organizer terbagi menjadi dua, yakni MICE dan special event. MICE atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition adalah penyelenggaraan yang membutuhkan keterampilan khusus saat acara berlangsung. Biasanya MICE ini mempunyai gedung tersendiri yang bisa digunakan untuk berbagai acara. Sementara special event adalah penyelenggara acara dengan kebutuhan khusus. Contoh penyelenggaraan ini seperti konser musik, launching new product, event olahraga, acara perusahaan, social event, government event, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Event Organizer

Seperti yang diketahui bahwa di Jakarta banyak sekali event organizer yang bisa dipercayai untuk menangani sebuah acara. Namun tentunya dari pihak penyelenggara juga ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih event organizer, agar acara yang akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik. Untuk itu, inilah beberapa tips memilih event organizer di Jakarta.

  • Pengalaman

Sebelum menentukan event organizer, ada baiknya sebagai penyelenggara untuk melihat pengalaman dari event organizer yang akan dipilih. Semakin banyak pengalaman, maka semakin mudah untuk event organizer menangani berbagai jenis acara. Hal tersebut dikarenakan event organizer tersebut sudah terbiasa menghadapi berbagai masalah yang kemungkinan terjadi pada saat acara berlangsung.

  • Portofolio

Selain pengalaman, kamu juga wajib melihat portofolio dari event organizer tersebut. Portofolio ini bisa merepresentasikan kualitas yang dimiliki oleh event organizer. Dari sebuah portofolio, kamu bisa melihat apa saja yang sudah dicapai oleh event organizer tersebut, sehingga bisa mengukur sejauh mana event organizer tersebut bisa menangani acara yang direncanakan.

  • Perhatikan Layanan yang disediakan

Event organizer seharusnya akan menyediakan pelayanan yang lengkap untuk menunjang kesuksesan acara, mulai dari talent hingga berbagai kelengkapan acara. Maka dari itu, untuk memilih event organizer pastikan apa saja layanan yang disediakan oleh event organizer tersebut untuk memenuhi kebutuhan acara.

  • Mudah Diajak Diskusi

Penting untuk memilih event organizer yang mudah untuk diajak diskusi. Sejatinya, sebuah acara akan memerlukan ide-ide yang kreatif, sehingga bisa menarik perhatian para audiens. Jika ide-ide yang kita punya tidak bisa disampaikan kepada pihak event organizer, maka akan sulit mewujudkan acara yang kita inginkan.

Terlebih lagi dalam proses diskusi harus bisa menegosiasi apa yang kita mau, sehingga tidak terjadi miss communication dari kedua belah pihak. Tentunya tujuan dari hal ini adalah untuk kelancaran event yang akan dilaksanakan.

  • Menentukan Budget

Setelah menemukan event organizer yang sesuai, selanjutnya adalah menentukan budget. Jika budget yang dimiliki mumpuni, maka kamu bisa menyewa event organizer tersebut dengan layanan dan fasilitas terbaik. Namun jika budget terbatas, maka pilih event organizer yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Nah, itulah beberapa tips untuk kalian yang ingin menggunakan jasa event organizer. Goodworks sebagai event organizer di Jakarta akan membantu untuk menyelenggarakan berbagai event yang berkualitas. Di sisi lain, Goodworks memiliki pelayanan khusus untuk membantu dalam merancang strategi brand activation untuk meningkatkan awareness dan engangement, seperti launching product, konferensi pers, dan lain-lain. Segera konsultasikan acara yang kalian inginkan ke Goodworks ya!

Baca JugaMengenal Apa Itu Event Organizer, Tips Mengelola Anggaran Acara

Share:

More Posts

Send Us A Message